Fitur Facial Recognition di Oxygen Forensic Detective

Oxygen Forensic Detective menambahkan fitur baru di dalam software mereka. Fitur ini sangat memudahkan investigator dalam melakukan analisa wajah dari ribuan gambar digital yang terdapat di dalam sebuah perangkat komunikasi.

Sistem Facial Recognition adalah sebuah teknologi yang mampu mengidentifikasi dan memverifikasi seseorang dari gambar digital atau sebuah frame video. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk melakukan analisa, salah satunya dengan melakukan analisa pada pola-pola yang terdapat di wajah seseorang.

Sejak Juli 2019, Oxygen Forensic Detective menawarkan fitur Facial Recognition dalam sistem mereka. Fitur ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
  • Tingkat akurasi yang tinggi 
  • Analisa wajah yang sangat detail (juga menganalisa jenis kelamin, ras, emosi, dan lain-lain)
  • Kategorisasi dan pengelompokkan yang cepat (5 wajah per detik)
  • Dapat melakukan proses pada data yang besar

Cara Menggunakan Fitur Facial Recognition di Oxygen Forensic Detective


Kami merekomendasikan untuk tidak mengaktifkan fitur Facial Recognition ini pada saat melakukan Import Data. Hal ini dikarenakan proses Facial Recognition membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda bisa menonaktifkan fitur ini dengan klik menu Options pada pojok kanan atas software Oxygen Forensic Detective, lalu pilih Advanced Analytics.

Untuk menjalankan fitur Facial Recognition, pilih hasil ekstraksi yang akan diproses, lalu pilih "Faces" di bagian "Analytics". Selanjutnya klik tombol Facial Recognition. Tunggu sampai proses ini selesai.

Yang menarik dari fitur ini, setelah proses Facial Recognition ini selesai lalu Anda simpan hasil ekstraksi ini dalam format .OFB atau .OFBX, maka ketika Anda buka file .OFB atau .OFBX ini di komputer yang lain maka Anda akan mendapati proses Facial Recognition ini sudah bisa langsung dianalisa tanpa harus diproses kembali. 

Analisa pada Facial Recognition


Hasil proses Facial Recognition di Oxygen Forensic Detective ini sangat kompleks. Setiap gambar yang terdapat di dalam perangkat hasil ekstraksi akan dipindai. Gambar-gambar yang dianggap memiliki wajah manusia akan dikelompokkan. Fitur Facial Recognition ini akan mengelompokkan gambar-gambar ini dalam beberapa kategori, seperti jenis kelamin, ras, dan perkiraan umur. Anda bisa melakukan filter berdasarkan kategori-kategori ini. Filter-filter ini bisa dipilih di kolom paling kiri.

Setiap wajah yang dikenali oleh fitur ini nantinya akan dikelompokkan kembali dengan wajah-wajah lainnya yang dianggap mirip. Setiap wajah yang dikenali akan dimasukkan ke dalam kolom kedua, yaitu kolom People. Anda dapat menganalisa wajah-wajah yang terdapat di kolom ini dengan memilih wajah yang ingin dianalisa. Oxygen Facial Recognition akan memiliki tingkat keyakinan dalam bentuk persentase kemiripan untuk menentukan apakah beberapa gambar wajah yang diidentifikasi merupakan wajah dari orang yang sama atau bukan. Semakin tinggi persentase kemiripan maka Oxygen menganggap bahwa foto-foto wajah tersebut berasal dari orang yang sama. Foto=foto wajah yang dianggap berasal dari orang yang sama dapat dilihat pada bagian Identified Faces di kolom ketiga.

Jika nilai persentase rendah, maka Oxygen mengelompokkan foto-foto wajah tersebut di bagian Similar Faces. Foto-foto disini bisa jadi foto-foto wajah yang mirip dengan foto utama yang kita sedang analisa atau memang foto orang yang sama tetapi memiliki kualitas gambar yang rendah sehingga menurunkan persentase kemiripan.

Bagian berikutnya yang bisa dilakukan analisa adalah bagian Familiar With. Pada bagian ini akan dikelompokkan wajah orang-orang yang pernah dalam satu foto dengan wajah utama yang sedang Anda analisa. Hal ini akan berguna untuk mengetahui apakah seseorang pernah dalam satu foto dengan orang lain dalam waktu tertentu.

Anda dapat melihat detail dari foto-foto yang dipilih pada kolom paling kanan. Setiap wajah disini diprediksi emosinya, seperti senang, sedih, marah, dan lain-lain. Di kolom ini Anda juga dapat melakukan Tagging, menambahkan Key Evidence, dan Notes. Lokasi file ini juga bisa dilihat di kolom ini

Jika ingin mengetahui fitur-fitur lain dari produk Oxygen Forensic Detective ini, Anda bisa klik disini.


Fitur-fitur Fitur Facial Recognition di Oxygen Forensic Detective:

Klik pada gambar untuk memperbesar

Matikan opsi Facial Recognition di Advanced Analytics pada Options Oxygen Forensic Detective agar fitur ini tidak otomatis dijalankan setiap kali Anda melakukan Import Evidence

Matikan opsi Facial Recognition di Advanced Analytics pada Options Oxygen Forensic Detective agar fitur ini tidak otomatis dijalankan setiap kali Anda melakukan Import Evidence

Klik tombol Facial Recognition untuk memulai proses analisa ini di perangkat digital yang akan diinvestigasi.

Klik tombol Facial Recognition untuk memulai proses analisa ini di perangkat digital yang akan diinvestigasi.

Klik tombol Faces yang terdapat di bagian Analytics untuk memulai proses analisa Facial Recognition

Klik tombol Faces yang terdapat di bagian Analytics untuk memulai proses analisa Facial Recognition

Tampilan Facial Recognition di Oxygen Forensic Detective. Terdapat 4 kolom utama, Filters, People, Identified Faces, dan Details

Tampilan Facial Recognition di Oxygen Forensic Detective. Terdapat 4 kolom utama, Filters, People, Identified Faces, dan Details