english | bahasa indonesia

Hasil Pengujian Perangkat Mobile Forensik yang dilakukan oleh NIST

NIST Logo

National Institute of Standards and Technology (NIST) telah menciptakan metodologi untung menguji alat mobile forensic untuk mengukur keandalan alat mobile forensic yang ada di pasaran

Pendekatan NIST berdasarkan dari metodologi yang sudah dikenal baik untuk kesesuaian dan pengujian kualitas. Meskipun NIST melakukan pengujian komprehensif terhadap semua peralatan industri mobile forensic secara berkala, untuk tinjauan ini diambil hasil tes terbaru untuk peralatan yang kompetitif pada tanggal ini. Semua dokumen official dari hasil pengujian NIST dapat ditemukan di www.dhs.gov/publication/mobile-device-acquisition.
Dokumen yang ditampilkan di website NIST menunjukkan hasil dari pengujian peralatan mobile forensic yang dibagi menjadi beberapa bagian pengujian berdasarkan perangkat seperti Android, iOS, dan UCC/SIM. Pemeriksa dari NIST menguji beberapa kapabilitas produk seperti tampilan, pencarian atau pengambilan data dari perangkat mobile. Termasuk didalamnya berbagai jenis data seperti riwayat panggilan, pesan, file, kalender, catatan, data raw aplikasi, data media sosial, data GPS, dll. Terdapat total 747 bidang pada tabel. MOBILedit sukses pada 588 bidang sepanjang pengujian dengan tingkat kesuksesan 78,7%, diikuti dengan MSAB’s XRY (77,8%) dan Cellebrite’s UFED Touch (75,1%).

Pengujian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil di antara tipe data individual di setiap peralatan yang bersaing. Tiap alat dapat mendemonstrasikan kekuatan masing-masing pada kategori pengujian yang berbeda, dan tidak ada satu pun alat yang bias mendemonstrasikan superioritas pada semua kategori pengujian. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat peningkatan tingkat kesuksesan yang signifikan ketika dilakukan analisis dua alat. Di kasus nyata, ketika terjadi kasus, tiap bukti akan berguna. Dengan kombinasi alat, Anda dapat mencapai tingkat kesuksesan hingga 89,6%.

Dapatkan tools mobile forensic dari Bounga Solusi Informatika.